Tak Kenal Maka Tak Sayang... Semoga dengan adanya blog ini kamu2 yang butuh informasi tentang Teknologi dapat terbantu. Semoga Blog ini dapat semakin bermanfaat. liriku.blogspot.com

16 Desember 2007

Koran Ponsel baru

Di tengah desakan perkembangan teknologi digital dan multimedia yang semakin kompleks, penerbit suratkabar masih dapat berinovasi untuk memopulerkan produknya. Salah satunya dilakukan suratkabar Dagens Nyheter (DN) di Swedia yang untuk pertama kalinya meluncurkan ’koran ponsel’ di negara tersebut.
"Kami ingin pembaca kami mampu mengikutin perkembangan berita meskipun mereka sedang di suatu tempat yang tidak dapat menemui sebuah media cetak maupun komputer," ujar Thornbjoern Larsson, Pemimpin Redaksi DN seperti dikutip AFP.


Ini merupakan cara baru membaca koran secara nyaman melalui ponsel. DN bekerja sama dengan penyedia handset dan operator untuk menyediakan layanan ini. Konsumen harus membeli ponsel Nokia 6120, yang telah ditanami menu navigasi khusus untuk mengakses suratkabar DN versi ponsel. Kemudian, dengan menjadi palanggan paket pascabayar sebesar 199 kronor atau sekira Rp300.000 sebulan di salah satu operator, pelanggan dapat mengakses suraktkabar DN versi ponsel cuma-cuma.

Layanan yang sama sebenarnya sudah diperkenalkan juga di Indonesia. Kompas Gramedia telah meluncurkan Langlang Mobile News yang menawarkan akses media cetak di bawah kelompok usahanya -- seperti Kompas, Bola, dan Nova -- dalam versi digital. Skema langganan yang digunakan adalah voucher bulanan yang dapat dibeli di toko buku Gramedia dan gerai tertentu. Software Langlang sendiri dapat diperoleh melalui layanan over the air (OTA) atau diinstall ke dalam ponsel-ponsel yang sudah mendukung di tempat penjualan voucher.

Tidak ada komentar:

Blogger Baner

© Copyright 2007 Jufri Sitompul | liriku.blogspot.com |