Tak Kenal Maka Tak Sayang... Semoga dengan adanya blog ini kamu2 yang butuh informasi tentang Teknologi dapat terbantu. Semoga Blog ini dapat semakin bermanfaat. liriku.blogspot.com

16 Desember 2007

Knol pesaing wikipedia baru

Google mengumumkan proyek ensiklopedia Knol. Akhirnya, raksasa internet itu akan bersaing langsung dengan Wikipedia.
Lewat blog resminya, Google mengumumkan keberadaan proyek ensiklopedia online bernama Knol. Untuk saat ini, beberapa orang dengan keahlian tertentu telah diundang untuk menuliskan artikel untuk Knol. Nantinya, Knol akan dibuat terbuka mirip seperti Wikipedia.


Satu hal yang akan membedakan Knol dari konten di Wikipedia adalah fokus Knol pada penulisnya. "Kami percaya, bahwa dengan mengetahui siapa yang menulisnya akan membantu pengguna memanfaatkan konten tersebut dengan lebih baik," ujar Udi Manber, Vice President Engineering Google, seperti dikutip detikINET dari blog resmi Google, Sabtu (15/12/2007).

Nantinya Knol akan bersifat terbuka. Google akan menyediakan konten dan piranti lunak untuk membuat artikelnya, sedangkan penulis cukup memikirkan tulisannya. Google bahkan menegaskan tidak akan melakukan perubahan editorial apapun pada sebuah Knol. Satu hal lagi yang akan Google sediakan adalah iklan pada halaman Knol yang hasilnya akan dibagi dengan penulis.

Knol merupakan istilah buatan Google yang artinya 'satu unit ilmu pengetahuan'. Knol juga digunakan untuk merujuk pada sebuah artikel yang dibuat dalam proyek Knol.

Tidak ada komentar:

Blogger Baner

© Copyright 2007 Jufri Sitompul | liriku.blogspot.com |