Tak Kenal Maka Tak Sayang... Semoga dengan adanya blog ini kamu2 yang butuh informasi tentang Teknologi dapat terbantu. Semoga Blog ini dapat semakin bermanfaat. liriku.blogspot.com

12 Desember 2007

Intellipedia, Wikipedia Versi Mata-Mata

Masyarakat intelijen AS, Selasa (31/10/06), mengungkapkan Wikipedia versi rahasia mereka, dan mengatakan bentuk ensiklokedia populer on-line yang terkenal karena keterbukaannya tersebut adalah kunci bagi kegiatan mata-mata masa depan Amerika.
Otoritas kantor intelijen AS, John Negroponte, mengumumkan Intellipedia, yang memungkinkan analisis intelijen dan pejabat lain secara bersama-sama menambah dan mengedit conten jaringan rahasia pemerintah, Intelink Web, di semua jaringan Internet seluruh dunia.


Sistem Intellipedia 'yang sifatnya sangat rahasia' (top secret), yang saat ini tersedia bagi semua 16 lembaga yang membentuk masyarakat intelijen AS, telah berkembang lebih dari 28.000 halaman dan 3.600 pemakai yang terdaftar sejak jaringan tersebut diluncurkan pada 17 April.
Semenara versi yang tak terlalu tertutup tersedia bagi bahan yang bersifat "rahasia" dan "sensitif tapi tak rahasia". Sistem ini juga tersedia bagi Lembaga Keamanan Angkutan dan berbagai laboratorium nasional.
Intellipedia saat ini digunakan untuk mengumpulkan laporan utama intelijen, yang dikenal sebagai perkiraan intelijen nasional, mengenai Nigeria serta laporan tahunan negara Departemen Luar Negeri mengenai terorisme, kata pejabat intelijen.
Pada waktunya, jaringan tersebut juga akan menjadi jalur yang digunakan para pejabat intelijen untuk menghasilkan taklimat intelijen harian presiden.
Tetapi sistem ini, yang menyediakan data bagi ribuan pengguna yang takkan memperolehnya melalui cara lain, juga telah memicu kekhawatiran mengenai potensi penyelewengan keamanan menyusul kebocoran perkiraan intelijen nasional belum lama ini ke media sehingga menyulut kontroversi politik dengan pengidentifikasian Irak sebagai penyumbang bagi merebaknya terorisme global.
"Kita berani ambil resiko. Ada resiko (perkiraan intelijen) ini akan muncul dan bocor ke media," papar Michael Wertheimer, kepala pejabat teknis masyarakat intelijen.
Para pejabat intelijen mengatakan bentuk tersebut dinilai sempurna untuk berbagi keterangan antar-lembaga, lembaga pembaruan yang menetapkan kantor Negroponte sebagai pengarah intelijen nasional setelah serangan 11 September.
Mereka juga mengatakan itu dapat mengarah kepada laporan intelijen yang lebih akurat karena sistem tersebut memungkinkan sejumlah pejabat untuk memilah bahan dan menyimpan catatan lengkap yang langgeng mengenai sumbangan perorangan termasuk pandangan yang berbeda.
Itu mungkin membantu menghindari kekeliruan seperti yang terjadi pada perkiraan intelijen nasional yang dikecam banyak orang pada 2002 yang menyatakan Saddam Hussein memiliki banyak simpanan senjata pemusnah massal.
Para pejabat intelijen juga sangat berminat pada Intellipedia sehingga mereka berencana memberi akses kepada Inggris, Kanada dan Australia.
Bahkan Cina pun dapat diberi akses guna membantu menghasilkan perkiraan intelijen yang tak rahasia mengenai ancaman yang ditimbulkan oleh penyakit menular di seluruh dunia.
"Kami berharap akan dapat berhubungan dengan dokter di Shanghai yang mungkin memiliki sumbangan bermanfaat mengenai flu unggas," kata seorang pengulas senior intelijen, Fred Hassani, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (01/11/06). (ant/rtr/rit


sumber : kapanlagi.com

Tidak ada komentar:

Blogger Baner

© Copyright 2007 Jufri Sitompul | liriku.blogspot.com |